Minggu, 13 Mei 2018

Anak Milenia dan Bunga Telang

Mari kita buat perubahan dari desa tempat kita tinggal. Kalau selama  ini, yg buat gelombang adalah orang kota, mari kita berbenah dan melihat kembali apa yg ada di desa. Tinggal di Dusun Tulung, Desa Tamanmartani, tidak menjadikan kami di Martani terbelakang dan tidak menyumbang kepada derap pembangunan. Acara rutin ngobrol ngalor-ngidul rutin terjadi di Pawon Martani Tulung Kalasan.

Kok bisa?

Anak muda di Pawon Martani Tulung Kalasan
Bisa!

Mahasiswa Peneliti dan Penelitian Bunga Telang 

bb

Dari Bunga Telang ke Batik Bayat Pewarna Alam

bb





Petani Bunga Telang

Siapa petani produsen bunga telang?

Perkenalkan ini si Mbah petani bunga telang di Dusun Tulung, Desa Tamanmartani, Kalasan Jogjakarta. Pada awalnya kami kesulitan mencari kawan petani yg mau lahannya ditanami bunga telang.
150 Bunga Telang Segar per Pohon per Hari. Mau?

Ketekunan Kunci Keberhasilan

Dari awal waktu kita bertemu di pertengahan tahun 2016, si Mbah memang sudah pengecualiaan. Dia tidak menyemprot herbisida untuk mematikan rumput di sela tanaman sayuran di kebun dan sawahnya.

Ora ngerti nyemprot, begitu katanya. Tidak pernah nyemprot (herbisida-red).

Kenapa Mbah?

Panenan Harian Bunga Telang
xxx
Bunga Telang Single dan Bunga Telang Tumpuk

Biji Bunga Telang
Pada awalnya kami tidak menjual biji bunga telang. Kami memberikan biji bunga telang kepada pembeli produk Martani Pangan Sehat yg berminat menanam bunga telang. Keinginan untuk bukan saja menyediakan bahan pangan sehat tetapi juga melakukan ajakan tentang pentingnya menyadari soal gaya hidup sehat. Bahayanya pewarna makanan sintetis yg banyak ditemukan. Sedangkan kita punya banyak pewarna alami di sekitaran kita yg numbuhinnya tidak susah.

Jeruk Ungu Bunga Telang
Bunga telang seduh air panas.

Chiffon Cake Glutenfree Biru Bunga Telang

Mei 2017 Permakultur Bunga Telang & Cabai





Selasa, 24 April 2018

Tumpeng Biru Bunga Telang

Gambar tumpeng ini diambil di Warung PSSM Martani Prambanan tahun 2015, di awal saat kami baru pindah ke Jogja. Wiji sang chef Bayat yg membuat nih tumpeng dibantu Bu Mul, andalan kami tempat belajar aneka masakan dan pertanyaan seputaran menjadi pedagang. Bu Mul punya lapak di Pasar Tulung. Jualan setiap pagi jamu kencur dll dan gudangan untuk sarapan. Dari beliau kami belajar banyak bagaimana cara juggling bertahan hidup dengan berdagang. Orang di desa tuh asiknya begitu. Saling membantu agar maju bersama.

Seorang tetangga desa memesan tumpeng biru setelah mereka (sepasang suami istri) mampir merncicipi pecel suguhan menu kami. Tawaran tumpeng biru memang menarik karena saat itu masih jarang orang mengkonsumsi nasi biru. Nih ibu punya acara kumpul2 besok Minggu di rumahnya jadi membutuhkan suguhan tumpeng. Tempe orak-arik dan suir ayam organik menjadi lauknya.

Darimana warna biru tumpeng bunga telang? Begini ceritanya dimulai dari tampilan tumpeng biru di Warung PSSM Martani Bugisan, sampai kondisi kebun bunga telang Martani di Tulung Tamanmartani Kalasan setahun kemudian.

Tumpeng Biru Bunga Telang
Pohon bunga telang yg kami miliki hanya beberapa buah yg tumbuh di halaman warung. Setiap pagi dipetik dan dikeringkan untuk persiapan jika ada pesanan nasi biru atau jualan di pasar komunitas setiap hari Jumat sore. Memang demand bunga telang sebagai pewarna alam makanan belum sengehits tahun 2018 sekarang ini. Kami merintis dari bawah bagaimana mengenalkan publik dengan potensi bunga telang.

Okt 2017. Kebun Bunga Telang Martani Tulung Kalasan.
 Pada bulan Oktober 2017, produksi bunga telang dari kebun si Mbah di Dusun Tulung sudah mulai ajeg. Sehari beliau bersama istri dan anaknya, bisa menghasilkan sekitar 100 gram bunga telang kering. Belum terlalu banyak saat itu produksinya. Kami masih bergulat tentang cara mengeringkan dengan panas matahari yg efektif, tidak gosong tapi tetep kriuk agar bisa disimpan lebih awet tanpa pengawet tambahan.

Si Mbah Panen Bunga Telang Setiap Pagi
Panen bunga telang dilakukan setiap pagi saat tidak hujan. Kami mengundang anda untuk ikut serta panen bunga telang. Satu persatu bunga dipetik dari pohon bunga telang yg rimbun membentuk satu semak. Warna bunga biru mencolok diantara dedaunan kecil berwarna hijau.

Keranjang Belanjaan Penuh Hasil Panen Dari Kebun Tanpa Semprot Pestisida
Pastikan membawa keranjang saat pergi ke kebun. Nah bawa keranjang tuh penting banget bukan hanya saat belanja ke pasar agar kita tidak memakai plastik kresek, tapi juga saat pergi ke kebun. Setiap harinya ada aja yg bisa dipanen. Bagus untuk masak nanti siang. Khan gak perlu lagi belanja sayuran ke pasar. Tinggal nambahin bumbu2 lah, bawang, brambang.

Bunga kenikir kuning tumbuh subur di kebun diantara tanaman telang. Pastikan memetik daun mint agar bisa ngeteh nyantix ntar pas pulang dari kebun. Badan segar terkena matahari pagi. Gak perlu repot ngeluarin uang untuk ngejim fitness dll. Sambil mempersiapkan panganan harian keluarga.

Bunga Telang Tumpuk
Terdapat dua jenis bunga telang yg warna birunya bisa diekstrak. Bunga telang tumpuk dan single.

Bunga Telang Single
Clitoria ternatea nama latin bunga telang.




Minggu, 15 April 2018

Tentang Bunga Telang Martani Prambanan

About Us

Inilah kesempatan untuk bercerita tentang siapa, apa, bagaimana, kami dengan bunga telang. 

Mengutip ajakan facebook di Pages TEH BIRU BUNGA TELANG, https://www.facebook.com/Bungatelangbutterflypea/ atau punya akun @bungatelangbutterflypea. 

sok dikasih ruang dan waktu utk menceritakan apa yg paling penting menurutmu yg ingin kamu bagi kepada dunia. nahhh khan gak yakin jugaaaa. mulai ajah bercerita, daftar mimpi misalnya, photo the fav, kejadian di tim mu, daftar resep eksperimen mu. 

itu juga kalo punyaaaa..... Kebetulan kami punya banyak cerita. Memang hari2 kami isi dengan berbuat, berkarya agar di sore hari kami punya sesuatu untuk diceritakan. Mau cerita apa kalau gak ngerjain apa2 di siang harinya. Ngutip orang boleh, tapi teteppppp kerjain juga lah. Semangat kampanye mengajak bersih lingkungan, tapi di rumahnya sendiri ajah gak ada komposter, sampah dapur dan plastik dijadikan satu dimasukkan ke dalam kantong plastik, membiarkan tukang sampah bekerja dan truk sampah ngangkut sampah baukkkk buzuxxx melewati jalan2 aspal. Ah kasihan. Padahal tuh sampah dapur bisa banget jadi makanan vitamin pupuk untuk tanaman sayuran yg bisa anda tanam di halaman depan rumah.

Our Tagline; OLAH RASA MBANGUN JIWA

Pengennya petani sejahtera dengan hasil panenan dan cara tanam mereka yg ramah lingkungan. konsumen mengapresiasi produk panenan petani dan benih lokal, dan mencintai para artisan pembuat makanan dan kerajinan tangan Nuswantara.

Bunga telang si pewarna alami makanan. Diseduh menjadi teh biru bunga telang. Ditambahkan perasan jeruk, dan es, jadilah segelas jeruk ungu. Diaron dengan beras jadilah nasi biru bunga telang.

Kelak konsumen cerdas yg mengenal asal-usul makanan dan pembuatnya, akan terbentuk. Mereka yg tahu soal 5 P, pengawet, pewarna, pemanis, perasa, pengenyal sintetis dari pabrikan yg diproduksi masal dibuat tanpa cinta. Lebih memilih pewarna alami makanan yg sehat, yg dipetik dari halaman rumahnya, dimasak saat segar daripada milih produk impor. Iyah sih barang impor tuh dikemas cantik2, diiklankan di TV gede2an, sampai kita gak sadar saat kita ke supermarket (yg memang sudah disetting sedemikian rupa sejalan dengan iklan2 bilboard dimana2), ambil2 ajah tuh barang tanpa mampu memilah sebenarnya kita beneran butuh tuh barang atau kebawa arus ajah. Lemari di dapur stok bulanan dipenuhin agar persedian aman. Tapi sebenernya sehari2 kita akan sibuk jajan2 di luar rumah, gak sempat juga masak. 

Olah rasa mbangun jiwa.



Olah rasa mbangun jiwa.
Info lebih jauh, cerita kasus per kasus, bisa dibaca di judul lainnya di link ini (yg sedang anda baca), www.bungatelangmartaniprambanan.blogspot.com
Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk detil info dan pemesanan produk Martani Pangan Sehat. Pinarak Warung Kopi Luwak Jogjabika Prambanan.

Senin, 19 Maret 2018

Cuci Mata Bunga Telang

Pertama mendengar penggunaan bunga telang untuk cuci mata bayi di Bogor tahun 2000. Seorang dukun bayi yg mengatakan itu, biasa meneteskan rendaman bunga telang ke mata bayi. Beberapa tahun kemudian saat sudah menanam sendiri bunga telang, kami mencoba untuk mencuci mata dengan seduhan air bunga telang.
Cuci Mata Bunga Telang.
Beberapa artikel di google mengatakan bahwa bunga telang punya khasiat untuk menjernihkan mata. Ada juga artikel hasil penelitian yg menyebutkan bunga telang mampu mengurangi dan mencegah terjadinya katarak. Uji coba dilakukan pada mamalia. 


...
Tapi kekhawatiranku kalah dengan kenyataan yang ditunjukkan bahwa Bilqis dan Yuki toh baik-baik saja. Malah Bilqis matanya bening banget. Akhirnya kucoba tetesin ke mata Muhammad.

Sehari ditetesin belum ada hasil. Alhamdulillah hari ke 4 barulah belekannya hilang. Air rendaman setelah kupakai, disimpan di kulkas. 2 hari sekali kuganti yang baru.

Begitulah, sampai sekarang umur 6,5 bulan Muhammad tidak belekan lagi.
....

Testimoni dari pengguna bunga telang kami dapatkan dari tetangga desa yg terbantu karena kehadiran sang bunga biru ini. Dia tidak hanya menggunakan bunga telang untuk mencuci mata tapi juga dengan rajin minum seduhan teh birunya. 'Sudah kabur matanya', kata sang tetangga. Minum teh biru bunga telang setiap hari ternyata membuat penglihatan saya membaik. Saya meneruskan kebiasaan mengkonsumsi seduhan bunga telang yg saya dapatkan dari si Mbah, kawannya sesama petani.

00==-0987^&%$#@! ...

Ada juga artikel lainnya yg tidak menyarankan mencuci mata menggunakan daun atau bunga karena bisa jadi membawa jamur ke mata.

“Untuk mata sebaiknya jangan menggunakan kembang atau dedaunan. Karena proses pengolahannya dan kebersihannya sangat tidak terjamin. Bisa saja ternyata di situ ada jamur dan akhirnya malah nempel ke mata,” pesan dia. 
http://www.beritasatu.com/kesra/186846-jangan-sepelekan-kotoran-mata-pada-bayi-baru-lahir.html

Video mencuci mata dengan bunga telang bisa dilihat di youtube Martani Pangan Sehat berikut:



Terserah anda pemirsa untuk selektif menggunakan bahan alami yg terbaik untuk anda dan keluarga. 

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk mendapatkan bunga telang segar atau bunga telang kering siap seduh. Mampir ke Warung Kopi Jogjabika Prambanan untuk menikmati petik langsung bunga telang. Monggo pinarak.

Senin, 05 Maret 2018

Nasi Kucing Biru Bunga Telang

Kayaknya cuma di Jogja ya ada istilah nasi kucing yg biasanya dijual di angkringan pinggir jalan. Sebungkus nasi ukuran little tiny winny sangat kecil dengan lauk tempe orek dan sambal. Semuanya serba kecil dan sedikit. Apakah kenyang, nah di situlah seninnya makan orang Jogja. Kalau makan keburu nafsu, makan dengan suapan besar, hap hap tanpa menikmati kunyahan, makan jadi banyak.

Ambil suapan kecil dan pelan. Kalau masih lapat, tidak apa ambil lagi satu bungkus. Makan tiga atau empat, wah itu pasti lapar bangetttt yahhhh.


Angkringan adalah tempat hang out asik di Jogja. Identik dengan nongkrong, chatting, ngobrol, mengembangkan bahasa lisan bukan tulisan. Pasti lapar dan haus saat ngobrol. Makanya karena banyak ngobrol musti banyak tempat nongkrong. Artinya makanan terhidang kudu juga banyak dan murah. Antara kebiasaan masyrakat dan budaya kuliner memang erat hubungannya.

Ukuran kesuksesan sebuah angkringan dinilai dari berapa kg gula yg dihabiskan setiap harinya. Gula putih memang bagian yg paling penting dari angkringan. Makanya makanan orang Jogja sering dikomplen manis dominan. Ngeteh manis, nasgitel, panas legi kentel jadi kebiasaan yg mungkin kurang baik karena diabetes.

Sate telur puyuh, sate ati ayam dan rampela, tahu dan tempe bacem. Kerupuk tentunya. Minuman jeruk, jahe, teh dan kopi tentunya standar banget.



Minggu, 04 Maret 2018

Membangun Jiwa Petani Lewat Bunga Telang Ungu Bukan Biru

Bangun jiwanya, begitu satu kalimat Indonesia Raya yg menjadi semangat kami bekerja. Membangun jiwa diri sendiri dan mereka di sekitaran kami. Caranya? Lewat apa saja yg bisa kami lakukan.

Eksperimen ekonomi dan kesejahteraan petani melalui perdagangan bunga telang membawa kami mengenal baik sang petani. Lebih jauh kami melihat bagaimana regenerasi sang ayah yg mampu menarik anaknya untuk ikut serta bertani, keluar dari pekerjaannya di pabrik. Nah kalau biasanya petani  pindah kerja ke pabrik, kami mengalami sebaliknya.

Pembangunan jiwa yg kami juga terima adalah lewat ketekunan mengamati bahasa isyarat alam yg timbul setiap harinya. Berlatih membaca, menganalisa, memutuskan solusi yg terbaik.

Diambil dari Youtube Martani Pangan Sehat. https://www.youtube.com/watch?v=XtN8udcpbpU

Video singkat tanaman bunga telang yg punya warna bunga ungu, berbeda dengan tanaman telang lainnya. Berasal dari biji indukan di kebun yg sama.

Sore2 habis magrib si Mbah datang dengan Mas Tsatsa putranya. Ngobrol ngalor ngidul memang ciri khas kita banget. Salah-satunya pengamatan Mas Tsatsa tentang keanehan yg menurut dia muncul di kebun bunga telangnya. Bukan biru tapi ungu katanya yakin. Esok paginya kami memastikan mampir ke kebun untuk melihat langsung. Silau matahari pagi mengaburkan pandangan mata. Siang harinya Si Mbah datang memetik bunga hasil panenan dan menunjukkan si bunga ungu. Memang beda euy.

Lebih tebal petal bunganya. Daunnya juga beda katanya. Baiklah PPL mana yg bisa kami tanyai? Apalagi kalau bisa ngetwit sambil tanya2 soal kondisi pertanian di desa. Khan katanya sudah digital tuh konon hahaha. Sudahlah tanya kawan saja. Gerakan publik lebih bisa diandalkan. Mereka sedang sibuk ngurus harga beras yg menjulang tinggi dan impor beras yg segera tiba. Semoga ajah kawan kami semua mulai mengurangi konsumsi nasi harian dan perlahan beralih makan non-nasi. Bisa kok. Dan lebih sehat pulak. lahhhhh kok mlipir ke beras impor. Itu sih pemicunya PPL, mau tanya kemana....

Bentuk morfologi bunganya sih serupa dengan yg warna biru kok.

Bunga telang warna biru, ungu dan pembanding warna.
Pernah baca referensi tentang sensitivitas warna bunga telang yg timbul karena kadar unsur hara dalam tanah di tempat tanaman itu tumbuh.

Gambar bunga telang di Warung Martani Tulung Kalasan (tutup 2016-2017)
Dan belajar terus berlanjut.

Senin, 19 Februari 2018

Kebun Bunga Telang Usia Dua Bulan

Usia tanaman telang berapa minggu sampai dia berbunga? Saat kondisi tanah, vitamin dan asupan air baik, pohon telang akan berbunga di usia 1-2 bulan. Kami menggunakan pupuk cair fermentasi kombucha untuk siraman mingguan tanaman telang. Serbuk kulit telur kami taburkan setiap bulannya, memastikan asupan NPK terpenuhi.

Postingan pembuatan pupuk cair organik fermentasi kombucha bisa dilihat di link lain di www.martani.org.

Berikut adalah video di kebun ne si Mbah di Prambanan. Beberapa tanaman yg sudah merambat berbunga ditanam saat kondisi sudah berbunga.



Untuk informasi lebih jauh tentang tanaman telang dan ketersediaan bunga telang kering siap seduh, kontak Yusup 0813.1780.5953 (WA).

Anak Milenia dan Bunga Telang

Mari kita buat perubahan dari desa tempat kita tinggal. Kalau selama  ini, yg buat gelombang adalah orang kota, mari kita berbenah dan melih...