Senin, 19 Februari 2018

Kebun Bunga Telang Usia Dua Bulan

Usia tanaman telang berapa minggu sampai dia berbunga? Saat kondisi tanah, vitamin dan asupan air baik, pohon telang akan berbunga di usia 1-2 bulan. Kami menggunakan pupuk cair fermentasi kombucha untuk siraman mingguan tanaman telang. Serbuk kulit telur kami taburkan setiap bulannya, memastikan asupan NPK terpenuhi.

Postingan pembuatan pupuk cair organik fermentasi kombucha bisa dilihat di link lain di www.martani.org.

Berikut adalah video di kebun ne si Mbah di Prambanan. Beberapa tanaman yg sudah merambat berbunga ditanam saat kondisi sudah berbunga.



Untuk informasi lebih jauh tentang tanaman telang dan ketersediaan bunga telang kering siap seduh, kontak Yusup 0813.1780.5953 (WA).

Masak Nasi Biru Bunga Telang Rice Cooker

Bisa kok masak nasi uduk biru bunga telang menggunakan rice cooker. Walau rasanya tentu jauh lebih nikmat nanak nasi dikukus dandang atau diliwet. Tapi kalau sedang mefettt bolehlah masak menggunakan penanak nasi colok listrik. Asal jangan setiap hari lah. Kurang sehat kononnnnn. Terutama untuk token listrik anda hehe.

Nasi Biru Bunga Telang di Balai Kartini Jakarta
Ini beberapa trik masak nasi uduk biru bunga telang saat anda jauh dari pasar, rumah dan segala kenikmatan akses terhadap barang dapur andalan anda. Kami diminta menghadirkan nasi biru saat kami menginap di sebuah hotel di Jakarta. Sebelum berangkat membuat sekilas bayangan, apa saja yg akan dilalui sampai akhirnya sepiring nasi biru bisa terhidang.

Persiapan:
  1. Persiapkan bahan mentah dan alat kerjanya. Bawa beras yg baik, sesuaikan dengan kapasitas rice cooker. Cek kondisi rice cooker apakah berfungsi baik. Kami membawa rice cooker ukuran kecil yg bisa memasak 4 gelas max.
  2. Masak yg bisa dimasak. Tempe orak-arik kering bisa tahan 3-4 hari. Buat tempe sekering mungkin, jangan terlalu pedas, gak semua orang bisa tahan cabe. Masukkan ke dalam plastik, ikat rapat. Daun kemangi sudah dicuci bersih, jangan masukkan ke dalam kulkas. Potong per batang saja, simpan di dalam gelas berisi air. Taruh di tempat lembab. Bungkus daun pisang sebelum dibungkus plastik dan dikemas. Taruh di bagian atas sehingga daun tidak terkena gesekan, yg bisa menyebabkan warna kehitaman. Cabe merah sudah dipotong tipis, masukkan ke dalam kulkas sebelum dikemas. 
  3. Membawa bekal bahan setengah matang. Santan kental dimasak sampai mendidih dengan api kecil. Pastikan santan tidak pecah, dimasak dengan cara diaduk perlahan, sesekali diciduk dengan centong kemudian air santannya ditumpahkan perlahan ke permukaan santan. Bumbu yg sudah diulek dan ditumis harum, dimasukkan ke dalam panci santan. Masukkan ke dalam plastik. Sesaat tiba di hotel tujuan, panaskan kembali santan bumbu sambil diaduk agar tidak 'pecah', menggunakan api kecil, tunggu sampai mendidih.  
  4. Memastikan kapasitas alat masak anda cukup dengan bahan yg ada.
  5. Menyiapkan alat hidang piring dsb.

Cara memasak nasi uduk biru:
  1. Panaskan santan di kompor api kecil. Lah kok di hotel ada kompor, katanya masak pake rice cooker. Nah kebetulan ini hotel apartemen yg menyediakan kitchen di ruang makannya. Jika tidak tersedia kompor, cetrekkan dulu santan menggunakan rice cooker. Masukkan bunga telang hingga santan menjadi biru.
  2. Masukkan beras yg sudah dicuci dan direndam selama satu jam. Perendaman fungsinya agar beras empuk siap ditanak. 
  3. Salam, sereh masukkan sekarang ke dalam santan biru. Aduk rata. Cetrekkan tombol on. Duduk manis menunggu matang.
  4. Jika nasi uduk belum matang, masih terasa gigih melentis padahal power on sudah ngejetrek, tambahkan sedikit air. Dan nyalakan kembali tombol on. Tunggu sampai nasi matang sempurna. Sedikit repot juga masak akrobat di hotel apartemen. Sing penting the show must go on. Nasi biru terhidang taraaaaa ....
Bunga telang pewarna alami makanan. Kontak Najib 0811.2640.242 untuk mendapatkan bunga telang kering siap seduh.


Sabtu, 17 Februari 2018

Teh Biru Bunga Telang Meningkatkan Kesuburan Wanita Benarkah?

Bombastis sekali itu judul.

Beberapa literatur menyebutkan karena bentuknya seperti clitoris, makanya dihubung-hubungkan dengan manfaat yg dikandungnya, yaitu menyangkut kesuburan perempuan.
Beberapa yg lain menjelaskan karena kemampuan zat yg terkandung di bunga telang yg mampu mengencerkan darah, melancarkan peredaran darah, membuat fungsi keseluruhan organ dalam bekerja optimal.

Mungkin benar juga ucapan seorang dokter yg kebetulan mampir ke Pawon Martani Tulung Kalasan, karena hasil penelitian dan penerbitan sebuat artikel tidak bisa dijadikan alasan bahwa sesuatu jenis herbal punya manfaat dan mampu mengobati seperti yg diinginkan.

Apapun kepercayaan anda, herbal ya adalah herbal. Cerita dari mulut ke mulut dan turun temurun. Dibuktikan lewat kesehariaan yg dipakai orang banyak. Bukan hasil sebuah korporat besar berkapital besar yg mengembangkan penelitian super canggih untuk mengekstrak dan membuat sebuah pil mujarab. Herbal bukan instan yg diracik seorang apoteker dengan komposisi precise dan kombinasi dengan zat lain yg akan cespleng memberi efek saat dosis ttt diberikan. Herbal adalah alternatif yg memadukan gaya ketimuran dimana keseimbangan antara yin-yang terus dicarikan.

Tergantung anda pemirsa.

Feb 17. Gambar Bunga Telang di Dinding Warung Martani Tulung Kalasan.

Nih video yg menyebutkan soal efek infertility perempuan, gonorhea dan membantu melancarkan mentruasi yg tidak teratur. Blender akar bunga telang biru yg dikonsumsi secara teratur selama 3- 7 hari setelah menstruasi terakhir, akan memberikan efek menjadikan terjadinya kehamilan. Sedangkan jus akar bunga telang putih diminum dua kali sehari selama seminggu, akan menyembuhkan abnormal vaginal discharge / vaginal infection karena bakteri atau jamur (berwarna kuning, hijau dan berbau). 

Yes video dan artikel ini hanya untuk tujuan memberikan informasi. Bukan diperuntukkan saran medis. Ini juga bukan saran medis untuk menggantikan pengobatan dari dokter dan apoteker.

Rabu, 24 Januari 2018

Untuk Apa Teh Biru Bunga Telang

Bunga telang sebagai pewarna makanan lebih dahulu dikenal di Thailand dan Malaysia. Beberapa komunitas mengembangkan bunga telang sebagai pewarna kain. Di Indonesia begitu juga di Amerika baru tahun 2000an saat traveler dan food blogger booming, begitu juga bunga telang dikenal masyarakat. Di tempat nenek kami di sebuah desa di Jawa Barat, kami biasa menggunakan bunga telang untuk permainan masak-masakan saat anak-anak dulu.

Kenapa tidak berkembang bunga telang padahal kandungan herbal dan warnanya sangat menarik? Kebiasaan ngeteh tidak ada waktu khusus. Seteko teh disiapkan dan siapa saja bisa ambil sendiri di dapur. Tidak seperti di Inggris misalnya, dimana tea-time menjadi kebiasaan di sore hari.

Nge-teh bisa menyelesaikan persoalan dan kerumitan pikiran. Utamanya teh biru bunga telang. Rasa birunya memberi sensasi tenang dan merilekskan syaraf. Ada juga lho orang yg bisa mengecap rasa biru ahhhh ....

Khasiat Teh Biru Bunga Telang

Seperti juga teh hijau, teh biru bunga telang mengandung antioksidan tinggi. Sudah ada studi untuk menunjukkan kelebihan teh biru - melindungi kulit agar mampu menahan terjadinya penuaan salah-satunya.

... it fights against glycation, which is protein damage caused by an influx of sugar molecules.

There have been additional studies showing the tea’s ability to help fight against internal inflammation. Traditionally, the Butterfly Pea plant and tea made from it have been used to treat general pain, reduce inflammation, help with common eye issues like conjunctivitis, fight against certain types of cancers, induce brain health, and “increase vitality.”

Testimoni yg kami terima terkait khasiat bunga telang, minum teratur berhasil menghaluskan kulit, mengeringkan jerawat. Seorang ibu yg punya anak ABG memberikan komentar saat repeat order bunga telang kering siap seduh.

Berhasil mengurangi berat badan ungkap seorang konsumen dalam sebuah pesan singkatnya, juga dalam repeat ordernya. Teh biru bunga telang menjadi minuman sampingan selain jadwal pengaturan pengurangan karbo harian.

Berbeda dengan teh yg biasa kita minum, teh biru tidak mengandung tanin, sehingga aman untuk lambung. Zat tanin mengikat zat besi sehingga mengurangi penyerapan vitamin yg dibutuhkan tubuh. Mengganti konsumsi teh dengan teh biru memberi kesempatan usus bekerja optimal.


Teh Biru Bunga Telang

Cara pembuatan segelas teh biru bunga telang:
  • Ambil 3-5 bunga telang kering (atau bunga segar)
  • Taruh di dalam geas
  • Tuang air mendidih ke dalam gelas yg berisi bunga telang
  • Diamkan 3-5 menit
  • Tambahkan gula, madu, jika suka
  • Siap dihidangkan
Penambahan perasan jeruk (asam bisa diganti dengan buah markisa atau asam jawa) akan mengubah teh biru menjadi ungu. Magic tea! Tontonan menarik untuk anda saat berkumpul dengan keluarga.

Lebih sehat dong daripada minuman sasetan yg pake pewarna entah apaan, pemanis yg buatan dan pengawet tentunya.

Untuk pembuatan teh biru dalam jumlah banyak:
  • Didihkan air dalam panci
  • Tambahkan bunga telang sebanyak 5 gram (sekitar 100 bunga telang)
  • Biarkan mendidih menjadi air biru
  • Tambahkan daun pandan jika suka. Daun pandan bisa diganti dengan sereh wangi (lemon grass bedakan dengan sereh masak)
  • Pindahkan air biru panci ke dalam teko / wadah air minum ukuran besar
  • Tambahkan air matang sesuai selera. Perhatikan perubahan warna biru menjadi lebih biru muda.
  • Tambahkan gula dan es jika suka
Kontak Najib 0811.2640.242 untuk detil info dan pemesanan produk @tanindi.id (IG). Atau melalui toko online Shopee (www.shopee.co.id/maguantara5678).

Referensi

https://greenblender.com/smoothies/8825/what-is-butterfly-pea-flower-tea

https://gonjreng.com/nge-teh-deh-kelar-problem-lo/

Selasa, 05 Desember 2017

Inspirasi Bunga Telang di Jogja

Jogja is full of inspiration. Something in this city that make us so eager and alive to develop bunga telang so public enjoy it. beautiful blue tea with full of benefit for our body.


This is a gate in one of old building in the heart of Kota Jogja. Taman Sari Water Castle is the name. 

Taman Sari Water Castle, also known as Taman Sari, is the site of a former royal garden of the Sultanate of Yogyakarta. It is located about 2 km south within the grounds of the Kraton, Yogyakarta. .... more open Wikipedia.


This is red turi, kembang turi merah (Sesbania grandiflora). 

https://www.youtube.com/watch?v=uPYC_0Y1ERQ



Lirik lagu Turi Putih


b




Sabtu, 02 Desember 2017

Tamu Jerman di Kebun Bunga Telang

Kami mempersilakan tetamu Martani untuk datang langsung melihat kebun bunga telang ne si Mbah. Hanya berjarak 300 meter dari Pawon Martani Tulung Kalasan. Jalan-jalan sore menikmati hari setelah hujan seharian, menemui si Mbah yg sedang memetik bunga telang di kebun.



sulit
harusnya banyak yg mau datang
hampir putus-asa
mencari lewat google, harus beli online, butuh waktu beberapa hari
ternyata nemu di IG
senang karena malah bisa lihat langsung kebunnya
buat paket wisata petik bunga
beli yg banyak ya
mengenalkan pembeli langsung dengan petani
ngobrol langsung
menjadi penghubung
konsumen menjadi tahu
petani senang mendapat kesempatan temu muka langsung


Senin, 20 November 2017

Produk Bunga Telang Martani di Shopee dan Tokopedia

Mengikuti jaman now, kami juwalan produk martani bunga telang di olshop Tokopedia dan Shopee. Berikut link dan gambar produk bunga telangnya.

Tokopedia

Alamat link Toko Martani Jogja (martanijogja) adalah:

https://www.tokopedia.com/martanijogja

Nama produk bunga telang:


  • Bunga telang kering siap seduh 5 gr





  • Bunga telang kering siap seduh 10 gr







  • Bunga telang kering siap seduh 50 gr


  • https://www.tokopedia.com/martanijogja/teh-biru-bunga-telang-martani-jogja-50gr





  • Bunga telang kering siap seduh 100 gr


  • https://www.tokopedia.com/martanijogja/teh-biru-bunga-telang-martani-jogja-100gr


    Shopee

    Nama toko Martani di Shopee adalah Maguantara5678.


    Produk bunga telang yg kami jual di olshop Shopee adalah:
    • Bunga telang kering siap seduh 5 gr
    • Bunga telang kering siap seduh 10 gr
    https://shopee.co.id/Bunga-Telang-Martani-(10gr)-MURAH!
    • Bunga telang kering siap seduh 50 gr
    • Bunga telang kering siap seduh 100 gr
    • Bunga telang kering siap seduh 500 gr
    • Bunga telang kering siap seduh 1000 gr (1 kg)





    Kebun Bunga Telang Usia Dua Bulan

    Usia tanaman telang berapa minggu sampai dia berbunga? Saat kondisi tanah, vitamin dan asupan air baik, pohon telang akan berbunga di usia 1...