Monday, February 19, 2018

Masak Nasi Biru Bunga Telang Rice Cooker

Bisa kok masak nasi uduk biru bunga telang menggunakan rice cooker. Walau rasanya tentu jauh lebih nikmat nanak nasi dikukus dandang atau diliwet. Tapi kalau sedang mefettt bolehlah masak menggunakan penanak nasi colok listrik. Asal jangan setiap hari lah. Kurang sehat kononnnnn. Terutama untuk token listrik anda hehe.

Nasi Biru Bunga Telang di Balai Kartini Jakarta
Ini beberapa trik masak nasi uduk biru bunga telang saat anda jauh dari pasar, rumah dan segala kenikmatan akses terhadap barang dapur andalan anda. Kami diminta menghadirkan nasi biru saat kami menginap di sebuah hotel di Jakarta. Sebelum berangkat membuat sekilas bayangan, apa saja yg akan dilalui sampai akhirnya sepiring nasi biru bisa terhidang.

Persiapan:
  1. Persiapkan bahan mentah dan alat kerjanya. Bawa beras yg baik, sesuaikan dengan kapasitas rice cooker. Cek kondisi rice cooker apakah berfungsi baik. Kami membawa rice cooker ukuran kecil yg bisa memasak 4 gelas max.
  2. Masak yg bisa dimasak. Tempe orak-arik kering bisa tahan 3-4 hari. Buat tempe sekering mungkin, jangan terlalu pedas, gak semua orang bisa tahan cabe. Masukkan ke dalam plastik, ikat rapat. Daun kemangi sudah dicuci bersih, jangan masukkan ke dalam kulkas. Potong per batang saja, simpan di dalam gelas berisi air. Taruh di tempat lembab. Bungkus daun pisang sebelum dibungkus plastik dan dikemas. Taruh di bagian atas sehingga daun tidak terkena gesekan, yg bisa menyebabkan warna kehitaman. Cabe merah sudah dipotong tipis, masukkan ke dalam kulkas sebelum dikemas. 
  3. Membawa bekal bahan setengah matang. Santan kental dimasak sampai mendidih dengan api kecil. Pastikan santan tidak pecah, dimasak dengan cara diaduk perlahan, sesekali diciduk dengan centong kemudian air santannya ditumpahkan perlahan ke permukaan santan. Bumbu yg sudah diulek dan ditumis harum, dimasukkan ke dalam panci santan. Masukkan ke dalam plastik. Sesaat tiba di hotel tujuan, panaskan kembali santan bumbu sambil diaduk agar tidak 'pecah', menggunakan api kecil, tunggu sampai mendidih.  
  4. Memastikan kapasitas alat masak anda cukup dengan bahan yg ada.
  5. Menyiapkan alat hidang piring dsb.

Cara memasak nasi uduk biru:
  1. Panaskan santan di kompor api kecil. Lah kok di hotel ada kompor, katanya masak pake rice cooker. Nah kebetulan ini hotel apartemen yg menyediakan kitchen di ruang makannya. Jika tidak tersedia kompor, cetrekkan dulu santan menggunakan rice cooker. Masukkan bunga telang hingga santan menjadi biru.
  2. Masukkan beras yg sudah dicuci dan direndam selama satu jam. Perendaman fungsinya agar beras empuk siap ditanak. 
  3. Salam, sereh masukkan sekarang ke dalam santan biru. Aduk rata. Cetrekkan tombol on. Duduk manis menunggu matang.
  4. Jika nasi uduk belum matang, masih terasa gigih melentis padahal power on sudah ngejetrek, tambahkan sedikit air. Dan nyalakan kembali tombol on. Tunggu sampai nasi matang sempurna. Sedikit repot juga masak akrobat di hotel apartemen. Sing penting the show must go on. Nasi biru terhidang taraaaaa ....
Bunga telang pewarna alami makanan. Kontak Najib 0811.2640.242 untuk mendapatkan bunga telang kering siap seduh.


No comments:

Featured Post

IG Martani.Organic Kena HACK

Hari Rabu 13 Maret 2024, instagram milik kami, namanya MARTANI.ORGANIC diretas orang tidak bertanggung-jawab. Mereka memposting produk dan m...